• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Exhibition Design for Trade Shows

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Rabu, 01 April 2009 20:22
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1792
  • 01 Apr
Perkembangan industri perdagangan yang pesat perlu dibarengi strategi marketing produk, lewat  ruang-ruang pamer dan show room untuk memajang  produk baru. Perencanaan, desain dan display menjadi sangat penting untuk mempromosikan produk dan mensukseskan penjualan.xhibition design atau desain pameran sering kita lihat saat ada pameran-pameran produk industri dalam negeri dan luar negeri yang acapkali diselenggarakan antara lain di hall , plaza, mall, hotel dan lain-lain.

 Dimana pameran tersebut hanya dibuka dalam hitungan hari, satu minggu atau satu bulan. Desain ruang pameran ini bisa didalam ruang(indoor) maupun di luar(outdoor).

Dalam satu area atau ruang pamer sebuah produk, terjadi kolaborasi beberapa disiplin ilmu yang saling melengkapi antara lain arsitektur, interior,graphic, seni, pencahayaan(ligthing),audio,mechanical,multimedia dan entertain.
Rancangan desain untuk pameran indoor ini sekilas sama seperti rancangan desain ruang dalam atau interior, hanya bedanya banyak elemen penunjang seperti tempat display yang khusus untuk media pamer pajang atau display. Sedangkan untuk pameran outdoor rancangan akan lebih menampilkan bentuk arsitektural yang merupakan bentuk keseluruhan tampak bangunan, karena konsep yang diambil adalah kepada bentuk atau citraan produk yang akan dipamerkan. Desain pameran selalu dibuat dengan sangat hebat untuk menarik pengunjung melalui konsep yang akan disampaikan terkait dengan brand dan produk yang ditawarkan.


Butuh Kreatifitas dan Kecepatan
Untuk mewujudkan keinginan klien yang ingin produknya bisa tampil dengan dahsyat, sangat tergantung kepada kreatifitas seorang desainernya. Disamping itu dibutuhkan kecepatan dan kebebasan dalam menciptakan desain dan dalam pelaksanaanya. Berbeda dengan desain interior atau arsitektur yang membutuhkan waktu cukup panjang dalam desain maupun pelaksanaannya,  pameran hanya mempunyai waktu desain dan pelaksanaan dalam hitungan bulan bahkan minggu.
Waktu yang singkat tetapi efektif adalah satu hal yang tidak bisa lepas dari dunia pameran dan perdagangan untuk pemasaran, sehingga irama kerja tersebut mempengaruhi dalam dunia desain pameran. Sebuah pekerjaan desain pameran semuanya terjadual dengan cepat dan tepat, karena terselenggaranya sebuah pameran ditentukan selesai tidaknya semua area stand atau booth dari peserta. Dan biasanya sebagian besar adalah membuat desain dengan sangat hebat dengan waktu pemasangan hanya dalam dua malam atau satu malam saja, untuk pembukaan pameran pada esok harinya.
Dengan waktu dan irama kerja yang sedemikian singkat ini sangat mempengaruhi pemakaian material dan pembuatan kontruksi desain. Ada jenis material yang berbentuk modular sehingga tinggal dirangkai, tapi mempunyai kelemahan dalam desain karena tergantung modul panel yang dipakai. Modul panel yang biasa dipakai populer dengan nama system R 8 dengan batang post dan beam alumunium. Disamping itu ada jenis rangka panel dari rangkaian batang-batang besi  dan bola mero stainles steel. Untuk eksplorasi desain yang memerlukan banyak bentuk  dan spesial desain, biasanya menggunakan kontruksi rangka kayu,besi dan cover multiplek dengan finishing laminasi atau cat.
Dalam desain pameran, informasi  berbentuk graphic akan sangat menunjang promosi produk. Graphic ini dapat berupa print ,cutting stiker ,backlight bahkan neon sign.

Proses desain
Pembuatan desain diawali dengan adanya konsep yang membutuhkan survey, pengamatan serta diskusi tersendiri untuk menggali image produk yang akan dipamerkan,  sehingga dapat tertuang dalam  sketsa desain sesuai permintaan klien. Presentasi desain  ditampilkan dalam bentuk lay out, gambar perspektif atau bahkan maket serta didukung skema warna dan material yang akan dipakai. Desain biasanya juga melalui beberapa kali revisi, untuk sampai kepada tahap yang dianggap sudah sesuai konsep yang telah disepakati bersama klien.
Area yang didesain mempunyai dimensi yang sangat bervariasi, dari sebuah ruang 12m2 sampai sebuah bangunan 500m2. Melalui pengelompokan produk, pembagian area dan sirkulasi pengunjung, yang memerlukan lay out sesuai dengan kebutuhan pameran tersebut.
Desain yang telah disetujui akan dikembangkan lagi untuk tahap gambar kerja, pemilihan graphic,dan penunjang lain seperti lighting,multimedia. Kemudian yang terakhir adalah pemilihan furnitur dan penataan produk display.
Gambar kerja sangat membantu untuk pelaksanaan untuk mewujudkan desain dengan cepat dan rapi. Karena walaupun hanya dipasang dalam waktu yang tidak lama, akan tetapi ketepatan dan kerapian desain sangat mempengaruhi produk yang ditampilkan. Gambar kerja terkadang bisa dalam bentuk sketsa,gambar manual atau  komputerisasi.
Pemilihan material untuk pameran tidak berbeda jauh dengan desain sebuah rumah tinggal, hanya berbeda pada biaya yang lebih rendah karena menyesuaikan anggaran yang ditentukan oleh klien. Disini sebagai desainer juga dituntut bisa menekan biaya  dengan hasil yang maksimal, chic dan modern. Akan tetapi walaupun begitu desainer harus tetap mengutamakan kualitas dan keselamatan pemakai serta pengunjung.
Dalam  pelaksanaannya perhitungan kontruksi yang tepat akan sangat penting karena terkait dengan keselamatan pengelola dan pengunjung pameran. Konstruksi bangunan stand atau booth  tidak diperbolehkan menempel dan merusak existing yang ada seperti lantai,dinding dan ceiling hall, hotel, plaza atau mall. Sehingga memerlukan kontruksi yang dapat berdiri sendiri, dapat dibongkar-pasang dengan cepat dan dibongkar tetapi juga kuat berdiri selama pameran berlangsung.

Visualisasi dan setting
Visualisasi desain dikerjakan oleh kontraktor dalam waktu satu minggu hingga satu bulan di workshop, karena tempat pameran hanya membuka areanya untuk memasang stand atau booth pada saat sehari atau dua hari sebelum waktu pembukaan pameran. Tahapan diawali dengan marking dari penyelenggara pameran  baru kemudian kontraktor setiap stand atau booth. Dengan waktu yang singkat untuk setting maka konstruksi sistematis akan sangat membantu kecepatan dalam mendirikan dan merangkai sebuah desain stand pameran, untuk dapat selesai dalam waktu yang sudah ditentukan.
Pekerjaan tersebut mempunyai tahapan pekerjaan layaknya membangun sebuah bangunan. Pada tahap  pertama akan dipasang konstruksi bagian bawah seperti bagian lantai terlebih dahulu, karena konstruksi kaki sangat tergantung kekuatan pada lantai yang dipakai. Lantai bisa dinaikan dari 5 cm, 10 cm, atau setinggi yang diinginkan. Kemudian tiang-tiang penyangga, partisi dan  {mosimage}pengikat pada bagian atas seperti pada kontruksi atap. Setelah konstruksi berdiri tahap berikutnya adalah pemasangan kabel-kabel untuk lampu dan pemakaian alat-alat listrik yang diperlukan seperti stop kontak untuk plasma, komputer, dispenser,lampu dan sebagainya.
Pencahayaan atau lampu-lampu yang dipakai harus diperhitungkan pemakaiannya karena power tiap stand ada batasnya. Untuk benda display dipakai lampu spot 50 watt sampai 100 watt, untuk suasana ruang menggunakan down light 15 watt sampai 100 watt. Sementara itu untuk general lighting dipasang metal highlight sampai 350 watt tiap lampunya. Selain itu juga dipakai pencahayaan dekoratif seperti bias lampu–lampu dibawah lantai atau dibalik display produk. Pencahayaan disini sangat membantu untuk lebih menghidupkan ruang menjadi lebih dramatis,  serta membuat display produk menjadi sangat menarik.
Setelah konstruksi dan mekanikal elektrikal selesai dilanjutkan finishing seperti pengecatan, penempelan dan pemasangan gambar atau grafik. Tahap terakhir adalah display produk atau penataan barang yang akan dipamerkan. Penyajian informasi dengan multimedia seperti screen, plasma,dan sebagainya juga sangat membantu disamping adanya stand guide yang siap menjelaskan poduk-produk yang dipamerkan.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11193 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9228 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7460 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6416 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:6340 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5100 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4834 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4793 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4667 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4333 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4300 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4271 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4216 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4184 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4108 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Online User

Kami memiliki 48 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com