• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Sudah Green-kah Rumah Kita

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Selasa, 17 Maret 2009 23:54
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1718
  • 17 Mar
Peduli dengan green design harus dimulai dari sekarang. Karena kita tahu, bahaya mengancam anak cucu kita di masa mendatang. Bumi makin tua dan eco system di lingkungan kita beranjak hancur.
Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan? Ya, setidaknya mulailah dari sekarang untuk lebih peduli kepada alam. Terapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam penataan dan penggunaan barang-barang rumah and Disarankan untuk mengurangi penggunaan energi atau listrik dan air. Jangan hidupkan listrik jika tidak memakainya. Mematikan lampu di siang hari, posisi off dan bukan standby pada televisi, jangan menghidupkan penyejuk ruangan (AC) terlalu dingin, merupakan salah satu usaha mengurangi konsumsi listrik. Selain itu, pilih jenis lampu hemat energi (compact fluorescent light), karena diketahui lampu jenis ini mampu menghemat energy lebih dari 60%, dan panas yang dihasilkan 70% lebih sedikit sehingga mengurangi emisi gas rumah kaca.
Jika rumah anda terdapat dapur dan pantry, sebaiknya cukup gunakan satu kompor saja, yaitu di area dapur. Dengan hanya menggunakan satu tabung gas, ini berarti suatu langkah penghematan energi. Jika memang kebutuhannya hanya terbatas pada kegiatan menghangatkan makanan, cukup gunakan microwave.
Mengurangi pemakaian air, bisa dilakukan dengan menggunakan produk sanitary yang bisa menghemat air hingga 60%. Tanpa sadar, manusia tiap harinya menggunakan air hingga 6-8 liter pada pagi hari. Bisa dibayangkan, jika pada saat bersamaan hal ini dilakukan oleh suatu negara.  Gunakan shower, alih-alih bak mandi. Jumlah air yang keluar dari shower berbeda jauh jika kita menggunakan gayung. Pilih kran air yang memiliki otomatisasi pengeluaran air, dengan demikian pemakaian air lebih terkontrol.
Sementara itu juga disarankan memakai semen instan saat kita membangun rumah. Kenapa? Karena dengan semen instan kita akan menghemat space pengadukan, pemakaian air, juga mengurangi waste. Ingat Less space, less waste, dan non toxic. Bayangkan waste yang akan terbuang saat kita mengaduk semen non instan. Kotoran tersebut bisa mengalir ke jalan atau selokan-selokan lingkungan kita, mengendap hingga akhirnya membeku.
Selanjutnya dalam pemilihan material lantai. Saat ini tersedia beragam pilihan tile. Pilih tile yang bersifat homogenous, karena bersifat stain resistant. Juga dalam pemilihan cat, gunakan cat anti  ini tersedia beragam pilihan tile. Pilih tile yang bersifat homogenous, karena bersifat stain resistant. Juga dalam pemilihan cat, gunakan cat anti toxic, terutama di kamar anak.
Di satu sisi, jangan diabaikan terhadap pemakaian furnitur. Furnitur juga memiliki efek pada kualitas udara. Pikirkan tentang MDF, plywood dan indahnya veneer. Mungkin kita berpikir bahwa kita telah membeli atau memiliki furniture yang cantik dan menarik. Namun seringkali kita  lupa dengan kandungan formaldehyde ataupun polyurethane pada lapisan luarnya. Bau menyengat hidung atau membuat perih mata acapkali terjadi pada furnitur kayu saat masih baru. Dan tanpa disadari bau tersebut berakibat pada kesehatan kita.
Di lain pihak, penempatan tanaman yang menyerap polusi ruangan (indoor plants) dapat mengambil sejumlah toxin di udara, termasuk dari AC, karpet, formaldehyde atau kipas angin. Manusia memerlukan indoor plants, karena lebih banyak waktu dan kegiatan dihabiskan di dalam ruangan. Sementara sebagian pollutan yang ada di dalam ruangan, berasal dari komputer, mesin foto copy, asap rokok, furnitur dari bahan formica, cat, wallpaper, tanaman artificial, penyegar/pengharum ruangan, cleaning chemical dan lain-lain. Phillodenderon, aglonema dan dracaena adalah jenis tanaman dapat menyerap formaldehyde. Sedangkan tanaman  scindapsus aureus dan chloropythum dapat menyerap karbon monoksida.  Satu hal yang harus diperhatikan, untuk di dalam ruangan pilihlah tanaman yang sedikit membutuhkan sinar matahari untuk pertumbuhannya, contohnya, dracaena clorama tricolor, aglonema dan spathipillum.
Sudah saatnya kita lebih peduli terhadap lingkungan dan aneka peralatan-perabotan di rumah kita.  Barang-barang tersebut, sedikit banyak mengandung zat berbahaya yang tidak terlihat atau dirasakan secara langsung oleh manusia. Lets go green.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11193 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9228 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7460 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6416 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:6340 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5100 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4834 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4793 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4667 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4333 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4300 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4271 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4216 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4184 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4108 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Online User

Kami memiliki 63 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com