• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Mesin Pengolah Cokelat dari Balai Besar Industri Agro, Resmi Diluncurkan

  • Kategori Induk: LIFESTYLE & LEISURE
  • Diperbarui: Senin, 18 September 2017 11:43
  • Ditayangkan: Senin, 18 September 2017 10:26
  • Ditulis oleh adminrumahku
  • Dilihat: 112
  • 18 Sep

Bertempat di Garut, pada tanggal 17 September 2017 telah dilakukan Penandatanganan MoU tentang kerjasama uji coba komersial mesin pengolahan cokelat dalam rangka kerjasama litbangyasa antara PT Tama Cokelat Indonesia dengan Balai Besar Industri Agro Kementerian Perindustrian. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Balai Besar Industri Agro, Ir. Umar Habson. MM dan Kiki Gumelar S, ST, M.Par selaku Direktur dari PT Tama Cokelat Indonesia. Pada kesempatan yang sama, dilakukan Launching Uji Coba Komersial Mesin Pengolah Cokelat Dalam Rangka Kerjasama Penelitian, Pengembangan dan Perekayasaan (Litbangyasa). Hadir dalam acara ini Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristek Dikti Dr. Jumain Appe, Direktur Inovasi Industri Ir. Santosa Yudo Warsono, Rektor Universitas Garut dan Ketua Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) H Priyadi Abadi M.Par.

 

Kerjasama antara Balai Besar Industri Agro (BBIA) Kementerian Perindustrian dan PT Tama Coklat Indonesia (PT. TCI), merupakan kelanjutan dari program sebelumnya di tahun 2016, khususnya kegiatan unjuk kerja alat hasil litbangyasa di PT.TCI. Kegiatan Unjuk kerja yang dipantau langsung oleh pihak PT.TCI dan BBIA telah memberikan hasil yang cukup positif, namun kelanjutan uji coba secara komersial perlu dilakukan dengan lebih baik lagi.

Sejak tahun 2013, kerjasama antara kedua belah pihak sebenarnya telah berlangsung, yaitu antara BBIA, PPKS (Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit, Medan) dan PT.TCI melalui Program Insentif Riset Nasional Kemenristek dengan Judul Alih Teknologi Pengolahan Inti Minyak Sawit RBDPKO dan Produk Olahan Kakao Skala IKM di PT.TCI. Kerjasama berlanjut dengan kunjungan ke dua belah pihak serta pada tahun 2015, melalui Program Science Techo Park dengan kegiatan Diversifikasi Olahan Cacao, PT.TCI menjadi Tenan.

Adapun pada Tahun 2017, melalui pendanaan dari ProgramTeknologi yang dimanfaatkan di Industri dari Kementerian Ristek dan Dikti, dikembangkan kegiatan Alih Teknologi Standar Proses Pengolahan CBS dari RBDPKO yang memenuhi Spesifikasi PT.TCI untuk Pembuatan Cokelat Compound.

Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristek Dikti Dr. Jumain Appe dalam sambutannya mengatakan, “Kerjasama antara Balitbang dan Industri perlu senantiasa dilakukan, dan pemerintah bertekad untuk memberi kemudahan. Kemajuan teknologi harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Misalnya dalam bisnis cokelat, saat ini masih ada bahan baku yang harus diimport dari luar negeri, dengan harga yang cukup mahal. Bila ada tekonologi yang bisa dikembangkan di Indonesia, berarti harga produksi cokelat di Indonesia bisa turun, dan tentunya menguntungkan masyarakat. “

 

Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristek Dikti Dr. Jumain Appe memberikan kata sambutan dalam acara Launching Uji Coba Komersial Mesin Pengolah Cokelat Dalam Rangka Kerjasama Penelitian, Pengembangan dan Perekayasaan (Litbangyasa).

Ir. Umar Habson. MM mengatakan, BBIA berharap bahwa kerjasama uji coba komersial tidak saja akan mempercepat disiminasi hasil litbangyasa, tetapi juga merupakan nilai tambah bagi kedua belah pihak. Sehingga didapatkan hasil yang baik bagi pengambil kebijakan termasuk upaya perkembangan teknologi itu sendiri.

Kedepan, BBIA menghendaki agar model kerjasama antara dunia penelitian pemerintah dan dunia akademisi yang dilakukan bersama antara pihak pelaku usaha dengan uji unjuk kerja, dapat memenuhi harapan pelaku usaha itu sendiri. Tidak saja sebagai tempat uji coba dalam litbangyasa, namun juga berperan aktif pada hasil-hasil penelitian yang teknis, dan non-teknis seperti penghitungan tekno ekonominya.

Uji coba secara komersial ini juga diharapkan bisa dilanjutkan dengan kegiatan Litbangyasa lainnya, termasuk kerjasama yang dimulai sejak tahun 2013 hingga 2017. Kajian-kajian lanjutan akan menjadi sumber masukan bagi penyusunan kebijakan pengembangan industri nasional. Misalnya, dalam pembuatan regulasi teknis, penetapan teknologi untuk sektor tertentu, kebijakan perdagangan berbasiskan kemampuan industri, strategi ke arah peningkatan daya saing, dan lain-lain.

Mesin Pengolah Cokelat yang dibuat oleh BBIA ini, merupakan aset pemerintah yang dipinjamkan secara cuma-cuma selama uji coba komersial berlangsung. Tiap tiga bulan akan dilakukan evaluasi dan monitoring, sampai uji coba komersial dapat berjalan dengan sempurna.

Acara Launching Uji Coba Komersial Mesin Pengolah Cokelat bertepatan dengan pembukaan Wahana Chocodot World, untuk melengkapi destinasi wisata kabupaten Garut. Chocodot World merupakan mini museum cokelat yang menyatu dengan gerai cokelat. Selain bisa membeli beragam olahan cokelat yang terkenal dari Garut, pengunjung juga akan diberi edukasi tentang cokelat.

 

Mesin Pengolah Cokelat  buatan workshop BBIA yang terdapat di PT. TCI

 

 

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:10741 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:8779 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:6934 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6044 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:4909 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4631 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4561 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4486 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4224 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4205 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4172 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4088 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:3999 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:3946 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3882 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 7 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com