• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

ARSITEKTUR & DESIGN

Ingin Interior dengan Pengalaman Ruang Berbeda ? Hadirkan Tekstur !

  • Diperbarui: Selasa, 23 Oktober 2018 07:26
  • Ditayangkan: Selasa, 23 Oktober 2018 07:24
  • Ditulis oleh adminrumahku
  • Dilihat: 17
  • 23 Okt

Sense of touch atau yang sering kita sebut dengan indera peraba, memiliki peranan yang penting untuk pertumbuhan kecerdasan, terutama untuk anak-anak. Seperti yang dikutip oleh penelitian dari Direktur Pendidikan Anak Dini Usia (PADU), Depdiknas, Dr. Gutama, menyebutkan pada usia 4 tahun kapasitas kecerdasan anak telah mencapai 50%, kapasitas 80% dicapai di usia 8 tahun. Ini menunjukkan pentingnya memberikan rangsangan indera peraba pada anak usia dini.

https://lartdevivredesigns.wordpress.com/2014/09/23/texture-and-its-place-in-interior-design/

Rumah-rumah modern masa kini seringkali hanya memperhatikan sebatas tampilan visual saja, tanpa berusaha menunjukkan karakter dan pengalaman ruang yang unik. Padahal lingkungan yang mengoptimalkan fungsi panca-indera, salah satunya sentuhan, akan dapat meningkatkan kreativitas seseorang dan memberikan “pengalaman” tersendiri yang unik dan lebih berkesan.

Dalam dunia desain, tekstur menjadi salah satu elemen desain yang penting pula. Namun seiring perkembangan teknologi dan zaman, saat ini lebih banyak digunakan tekstur visual (tekstur yang sebatas visual semata) dibandingkan dengan tekstur taktil. Tekstur taktil atau yang sering disebut juga dengan tekstur riil merupakan tekstur yang memang nyata dan dapat dirasakan dengan sentuhan, tekstur ini memiliki nilai raba yang sesuai antara penglihatan dan rabaan. Tekstur taktil ditimbulkan dari permukaan fisik secara nyata, permukaan dapat terasa halus, lembut, keras, kasar atau bergelombang saat disentuh.

Banyaknya keuntungan untuk menerapkan tekstur taktil dalam hunian, menjadikan pertimbangan lebih untuk menggunakan tekstur nyata ke dalam desain ruang. Berikut kita simak kelebihan menggunakan tekstur taktil.

  1. Memperkuat dan menghidupkan suasana ruang

Tekstur yang dipilih dapat disesuaikan dengan gaya dan konsep desain yang ingin diwujudkan, sehingga dapat mendukung dan menghidupkan suasana ruang yang ada.

2, Meningkatkan kecerdasan

Tekstur taktil dapat merangsang indera peraba, sehingga dapat memberikan stimulasi bagi otak yang kemudian dapat merangsang pertumbuhan kecerdasan, terutama pada anak-anak

Ada keuntungan pasti ada kerugian, kerugian dari menggunakan tekstur taktil ini dapat dilihat dari segi perawatannya yang tidak mudah, kita sebagai pengguna ruangan harus rajin membersihkannya, sehingga tidak banyak debu dan kotoran yang menempel

 

http://fpvforums.org/stone-texture-wallpaper-room/stone-wall-paper-stacked-mural-room-setting.html

https://navigationstack.wordpress.com/2014/02/25/interior-3m-architectural-markets-and-studio-oa-at-neocon-2013/

 

https://www.materialdriven.com/home/2016/7/21/tactile-stimuli-from-nature-captured-in-artificial-interior

https://www.moodymonday.co.uk/category/design-tips/page/7/

 

text :

- Elizabeth Gina Mitayanny

- Finalia / m41415159

DAPUR PUTIH ? Kenapa Tidak ?

  • Diperbarui: Selasa, 25 September 2018 11:00
  • Ditayangkan: Selasa, 25 September 2018 10:31
  • Ditulis oleh adminrumahku
  • Dilihat: 44
  • 25 Sep

Banyak keuntungan menggunakan warna putih sebagai warna utama pada dapur. Selain terlihat elegan, kebersihan pun akan selalu terjaga.

Warna putih seringkali dipersepsikan sebagai warna yang mudah kotor, sehingga tak sedikit orang sengaja menghindarinya. Padahal, dengan mengaplikasikan warna putih, seseorang menjadi terdorong untuk senantiasa menjaga kebersihan. Terlebih di dapur, yang menuntut kebersihan terjaga demi dihasilkannya makanan yang sehat dan bersih bagi anggota keluarga tercinta.

KENAPA PUTIH ?
Terang, bersih dan segar, adalah karakteristik dari dapur putih. Di sisi lain, ruangan dapur akan nampak lebih luas, dan mengundang perasaan terbuka.
- Dapur putih, cocok untuk segala gaya interior, baik itu modern, klasik, rustik, etnik ataupun kontemporer.
- Memberi kesan lapang, terang dan elegan
- Mudah dipadankan dengan warna lain
- Dapur warna putih akan nampak cantik saat ditambahkan pencahayaan tambahan.

PERAWATAN
- Bersihkan sesegera mungkin kotoran yang timbul. Makin ditunda, akan makin susah pembersihannya.
- Rutin merawat, untuk menghilangkan lapisan minyak akibat uap dari aktifitas memasak. Lapisan minyak ini dapat memudarkan kecerahan warna putih dapur.
- Dapur ber-finishing duco, sebaiknya dihindari pemakaian pembersih mengandung bensin dan metanol, karena dapat mengikis warna cat.. bersihkan dengan lap kain halus kering.
- Untuk bahan pelapis HPL, bisa digunakan bahan pembersih yang umumnya beredar di pasaran. Yang perlu diingat, hindari terendam air dalam waktu lama, karena dapat mengurangi daya rekat lapisan pada multipleks.
- Warna putih mampu menjadi penyatu antara dapur dan ruang lain, untuk rumah berkonsep open space yang lapang.

Dapur putih akan nampak cantik dan bercahaya, kala ditambahkan pencahayaan tambahan dibalik lemari kabinetnya.


MATERIAL
Untuk top table, bisa digunakan solid surface warna putih. Material ini direkomendasikan karena tidak memiliki pori-pori sehingga noda yang tumpah kecil kemungkinannya akan terserap, sehingga menodai permukaan meja. Untuk pilihan kabinetnya, bisa digunakan melaminto untuk lapisan dalam kabinet, HPL (High Pressure Laminated), finishing duco putih, atau duco dengan tambahan polyurethane . bahan yang mudah dibersihkan. Sedangkan untuk dinding, sebaiknya pilih dari bahan akrilik, sehingga cipratan minyak dan bumbu saat memasak dapat mudah dibersihkan.

PADU PADAN
Agar dapur putih tidak nampak monoton, bisa disiasati dengan berbagai cara. Menggunakan elemen penyeimbang pada aksesoris dapur, peralatan, atau furnitur di dapur, dapat menciptakan aksen menarik. Pada dapur putih bergaya modern, pemilihan handle kabinet atau peralatan memasak dari bahan stainless steel, akan memperkuat kesan modern. Aksen menarik lain bisa diperoleh dengan penggunaan kursi berwarna pada area pantry. Selain itu, kabinet dapur juga bisa dikombinasi dengan warna lain, misalkan cokelat, hitam, merah atau warna kesukaan, tanpa menghilangkan dominasi warna putih.

Tema putih diperkuat dengan pilihan backsplash mozaic kaca, sehingga menampilkan kesatuan warna.  Untuk perangkat apliances-nya, penggunaan material stainless steel, memperkuat kesan modern pada desain dapur putih ini.

 

 

Cara Mudah Atasi Masalah pada Dinding

  • Diperbarui: Kamis, 14 Jun 2018 14:18
  • Ditayangkan: Selasa, 08 Mei 2018 09:32
  • Ditulis oleh adminrumahku
  • Dilihat: 369
  • 08 Mei

Sering dijumpai dinding tampilannya tidak rata, muncul retak dan jamur. Bagaimana cara cepat untuk mengatasinya?

Pemilihan material dinding yang tepat dari sebuah bangunan sangatlah diperlukan, agar “umurnya” panjang. Sering dijumpai tampilan dinding yang tidak mulus seperti munculnya jamur, keretakan atau permukaan yang tidak presisi.

Masalah ini bisa diatasi dengan penggunaan EasyFinish™ dari USG Boral Indonesia dengan merek Jayaboard Sheetrock. EasyFinish™ yang diluncurkan pada pameran bahan bangunan Indonesia Building Technology (IndoBuildTech) – Jakarta 2018, merupakan sistem pengganti plester aci superior untuk membantu mengatasi masalah keretakan dan tidak presisi (rata) pada dinding.

Sebagai solusi finishing tahap akhir, EasyFinish™ mampu meningkatkan 4x lipat produktifitas tukang dan menyajikan hasil akhir permukaan dinding yang halus dan rata dalam waktu yang singkat. Kontraktor, aplikator (tukang bangunan) dan pemilik rumah kini dapat melakukan konstruksi kering yang tidak hanya cepat namun juga mudah karena tidak membutuhkan keahlian khusus.

Namun, agar lebih ramah lingkungan dan dapat mengurangi biaya perawatan rumah, sistem EasyFinish™ sebaiknya diaplikasikan menggunakan papan gipsum dari Jayaboard yang tidak mudah terbakar dan diaplikasikan dengan kompon yang diformulasikan secara khusus untuk mendapatkan hasil akhir yang halus dan rata dalam waktu singkat.

Ketahanan sistem USG Boral EasyFinish™ telah teruji selama bertahun-tahun dengan 4 jenis sistem yang dapat disesuaikan dengan kondisi dinding antara lain:

  1. EasyFinish™ Bond, menghasilkan permukaan halus pada dinding bata dan pengaplikasian yang cepat.
  2. EasyFinish™ Solid EasyScoop™, menghasilkan permukaan dinding halus dan terasa padat.
  3. EasyFinish™ Solid EasyTrowel™, membuat permukaan halus dan kokoh.
  4. EasyFinish™ Frame, bagi yang membutuhkan permukaan yang lebih presisi.

ID12 – THE COLOURS OF INDONESIA III : Interpretasi Budaya Indonesia dalam Hunian Vertikal

  • Diperbarui: Senin, 17 September 2018 08:52
  • Ditayangkan: Senin, 17 September 2018 08:46
  • Ditulis oleh adminrumahku
  • Dilihat: 55
  • 17 Sep

ID12, kumpulan dua belas desainer interior kembali menggelar pameran dua tahunan, yang tahun ini memasuki pameran ketiga, dan diberi tajuk THE COLOURS OF INDONESIA III: MAISON12. Bertempat di Atrium Senayan City, Jakarta, pameran ini berlangsung pada 14 September 2018 hingga 23 September 2018. ID 12 terdiri dari Eko Priharseno, Reza Wahyudi, Prasetio Budhi, Yuni Jie, Sammy Hendramianto, Roland Adam, Agam Riadi, Vivian Faye, Anita Boentarman, Joke Roos, Shirley Gouw, serta Ary Juwono.

 

photo courtesy : tim muara bagdja

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11388 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9509 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:8602 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7622 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6676 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:6481 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5140 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4962 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4844 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4698 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4378 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4331 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4319 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4295 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4213 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Online User

Kami memiliki 23 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com